Let's Be Gamer : Massively Multiplayer Online (MMO)

Games?


Hello, gua hari akan share tentang game nih
Bahasan kali ini menurut gua cukup menarik, yaitu tentang MMO atau Massively Multiplayer Online
Yok langsung aja di bahas

MMO atau biasa di kenal dengan kata game online, adalah game di mana seluruh player dari game tersebut tumpah ruah dalam suatu server/channel yang di sediakan. Game ini sendiri biasanya cuma bisa online aja, tapi beberapa game menyediakan pula mode offlinenya. Biasanya MMO game itu dibuat oleh perusahaan walaupun di beberapa kasus ada juga yang memulainya dari perorangan atau grup kecil. Nah biasanya juga MMO itu free to play, tapi beberapa juga ada yang pay to play. Bahkan ada yang sampe pay to win.

MMO game ini sendiri memiliki berbagai macam jenis, sebagai berikut :




1. MMORPG (Massively Multiplayer Online Role-Playing Game)

Salah Satu Game MMORPG Yang Legend


Game jenis ini biasanya dimanjakan dengan grafik yang mantap dan alur cerita yang menarik. Jadi untuk game ini, gamers akan memerankan suatu karakter yang akan di bawanya bertualang untuk menyelesaikan tugas/misi/quest dengan mengalahkan monster ataupun mengumpulkan item. Gamers juga dapat mengubah bagian dari karakter yang digunakannya seperti rambut, wajah, baju, aksesoris, dll.
Contoh dari game MMORPG ialah :
-Ragnarok Online
-Dragon Nest
-Ghost Online
-Yulgang Online
-RF Online
-etc

2. MMOFPS (Massively Multiplayer Online First Person Shooter)

Salah Satu Game Legend Juga, Legend Cheatnya #Ups :p


Game jenis ini biasanya bergenre perang. Pemainnya akan dibawa dalam suasana yang tegang. Dimana gamers akan menjadi bagian dari suatu tim dan akan bertempur dengan tim lain. Biasanya pada game ini player akan di kumpulkan pada suatu room sebelum bermain, permainan akan bisa di mulai saat semua player sudah dalam status ready dan room master melakukan start game. Dalam game ini pun ada berbagai macam mode play. Seperti Death Match, Bomb Mission, Zombie Mode, dll. Walaupun kita dapat memilih karakter yang akan di pakai tapi dalam MMOFPS cukup di batasi pemakaiannya (dibeberapa game), hanya orang2 yang punya uang aja yang bisa beli char&item yang bagus.
Game MMOFPS contohnya adalah sebagi berikut :
-Point Blank
-Counter Strike
-Dazzel
-Cross Fire
-World of Tanks
-etc

3. MMORTS (Massively Multiplayer Online Real Time Strategy)

Game MMORTS Biasanya Banyak Yang Berbentuk MOBA


Sesuai dengan namanya, game jenis ini lebih punya banyak strategi dalam memainkannya dari pada game yang lain. Bukannya game yang lain engga pake strategi, tapi lu bakal ngerasain bahwa game MMORTS itu lebih terasa banget dah strateginya. Buat genre sih hampir sama kayak MMOFPS, biasanya menjurus ke arah perang. Karena cara mainnya yang mengendalikan beberapa unit, itu membuat sensasi berbeda dari pada bermain game bertipe MMOFPS. Dan biasanya sang player lah yang adaptasi dengan karakter yang akan di gunakan. Jadi di sini harus tau di mana karakter yang pas dengan gaya main gamers sekalian.
Contoh game berjenis MMORTS adalah :
-DOTA
-Avalon
-Star Wars
-etc

4. MMOBG (Massively Multiplayer Online Browser Game)

Nah Ini Salah Satu Game MMOBG Yang Cukup Terkenal Di indo


Game ini sebenarnya sangat menjamur banget. Dan pemainnya sangat2 banyak. Karena tipe game kayak gini tuh yang butuh browser untuk mememainkannya. Biasanya sih pemain2nya berada di facebook. Tapi ada beberapa pihak yang buat game tipe ini dengan website sendiri.
Contoh dari game ini ialah :
-Travian
-Ninja Saga
-Canaan
-Texas Hold Em Poker

5. MMO Musical

Game MMO Musical Satu2nya Yang Pernah Gue Maenin -___-


Jenis game ini berpacu dalam melodi. *kayak judul acara tipi yak*
Sebenernya kata berpacu dalam melodi sih emang cocok buat game ini. Karena game yang bergenre MMO Musical emang intinya di musik. Game ini biasanya sangat membutuhkan kecepatan tangan untuk memainkannya.
MMO Musical contohnya :
-Ayo Dance
-Ayo Oke
-Osu
-etc

6. MMO Sport

Ga Mungkin Ga Pada Tau Ini Game Lah :v


Buat yang suka olah raga, harusnya bisa main game tipe ini juga. Karena game tipe ini cuma kayak animasi dari olah raga aslinya. Dengan peraturan yang sama, pastinya pencinta olah raga akan mudah menguasai game jenis ini.
Untuk contohnya adalah :
-FIFA 2014
-Free Style
-etc


Yak mungkin segitu aja yang dapat gua bagi ke kalian. Jika punya kritik atau saran atau punya tambahan soal tipe game MMO bisa langsung komentar. Nanti akan segera gua edit. Sankyu~

2 komentar

  1. tambahan kalo di game - game MMO ada istilah "cash to win", gw sebagai free player kadang merasa sedih

    BalasHapus
  2. Ya begitulah. Tapi itu masih lebih mending daripada pay to play wkwkwk

    BalasHapus

 

Lu Tuh Orang Ke

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.