Define Your Work! : Role In DOTA

Hei all, hei el, hei doel
Hei keluarga Ahmad Dhani~
Huehehehehehe
Kembali bersama saya DJ arum super
Eh, maksud gue Satrio yang empunya ini blog
Kali ini gua bakal ngeposting yang agak serius, lebih tepatnya tentang game lagi hehehehe
Bahasan kali ini datang dari game yang lagi ramai2nya di dunia E-Sport
Ada yang bisa tebak????
Yak betul DOTA~



DOTA ini termasuk game yang lagi masyhur2nya apa lagi dengan rilisnya DOTA 2 maka makin menjadi-jadi para gamer yang bermain game ini
Yang bakal jadi ketikan gua sekarang yaitu tentang role dalam game DOTA




Apa sih role?

Role secara bahasa artinya itu peranan. Atau dalam istilahnya fungsi/jabatan hero yang lo pilih dalam game DOTA ini. Dari role ini kita bisa tau hero yang kita pake itu harus ngapain pas main, harus beli item apa, dan yang pasti bagaimana tim kita bisa memenangkan game.

Lah terus caranya tau itu role apa di DOTA gimana??

Kalo mau liat dalam gamenya sih bisa aja. Jadi pas lagi main (DOTA 2) coba lu cari di bagian atas “filter by role”. Nah di situ lu bisa tau ada role apa aja di DOTA ini sekaligus bisa memisahkan hero sesuai rolenya. Kalo mau lebih jelasnya sih liat gambar di bawah aja.

Ini gambar tempat si “filter by role”





Ini gambar kalo udah di klik



Nah coba emang ada role apa aja di DOTA?

1. Carry

“Will become more useful later in the game if they gain a significant gold advantage.”

Pasti mau tau dulu arti kutipan di atas kan??? wkwkwkwk
Jadi itu artinya kalo si Carry ini bakal lebih berguna nanti setelah mid game atau malah agak akhir tergantung dari pendapatan mereka. Maksudnya pendapatan di sini tuh pendapatan goldnya. Karena si Mas Carry ini emang butuh waktu untuk jadi hebat dalam game, dikarenakan kebutuhan item yang bakal bikin hero ini “JADI”. Carry ini diambil dari sifat heronya, yang emang “carried” banget gitu untuk menangin game. Skill2 hero Carry ini sih biasanya emang di awal2 agak geli2 gimana gitu walaupun pada akhirnya skill2 ini bakal membuat hero Carry lebih mudah menjalankan tugasnya. Mereka itu di DOTA bak pahlawan dengan kekuatan super, ditunggu kehadirannya dan jasa2nya. Makanya itu kalo loe mau pake hero ini siap2 aja buat nahan mental kalo Carrynya ga jadi. Karena Carry bisa menentukan akhir game, kalo Carrynya busuk ya udah kemungkinan besar kalah (ya ga juga sih. Dalam beberapa kasus ada juga yang menang).

Dalam satu game biasanya cuma butuh satu Carry, tapi ada juga yang pake 2. Alasannya sih simple, sebagai ban serep kalo nanti Carry utamanya ga jadi. Tapi resikonya ya harus berbagi lahan pendapatan. Ya biasanya si Carry cadangan ini ga Hard Carry tapi lebih ke Semi-Carry (semacam Gankers/Nukers).

Biasanya si Carry ini ada babysitternya gitu. Babysitternya yaitu Lane Support~
Diawal game si Carry bakal “diasuh” sama Lane Support di lane tempat si Carry ini nongkrong sambil farming nyampe kira2 itemnya cukup buat segera mengakhiri game.

2. Nuker

“Can quickly kill enemy heroes using high damage spells with low cooldowns.”

Ini bukan nuker barang loh. Nuker di sini artinya dia hero yang bisa ngekill dengan skill yang punya damage yang sangat sangat mega rampage great ultimate immortal strong super spirit godlike power ranger duper sakit dengan cooldown yang cepet buanget *ga gitu juga -____-*.

Nuker ini emang paling jago dah di awal2 game karena skillnya yang GG banget qaqa. Tapi kalo lo cupu ya cupu aja ga usah main *woy -,-*. Mereka punya misi di awal game untuk membuka kesempatan team memperoleh penghasilan yang banyak.

Kalo lo pada bisa pake hero tipe ini lu bakal berkesempatan untuk menjadi Semi-Carry. Karena skillnya yang mendukung tetapi tidak bakal menjadi Carry yang seutuhnya di late game. Dengan skill yang sakit namun cooldown/mana cost yang dikit, ini bakal jadi kelebihan lu di game. Tapi jika lo tetep ga bisa ngekill bahkan sampai akhir game mungkin ada yang salah dengan cara main lo!!! Belajar main DOTA lagi sana....

3. Initiator

“Good at starting a teamfight.”

Seperti namanya, pake hero ini tuh harus inisiatif. Lebih tepatnya inisiatif untuk gank atau ga war. Kenapa harus hero ini yang inisiatif?? Karena hero tipe ini tuh tipe gua banget. Eh maksud gua doi ini tipe hero yang selow2 aje kalo nyerang duluan jadi ga terlalu masalah kalo jadi bahan amukan massa duluan. Dikarenakan tipe hero ini biasanya strong2 aja kalo maju duluan makanya itu hero2 ini juga ada yang bekerja ganda juga sebagai hero durable.

Skill2 yang dimiliki hero tipe ini emang ngedukung mereka banget buat membuka luka lama pertempuran. Dengan tipe skill AOE damage, ngedisable, atau ga skill yang bisa merubah/mempengaruhi posisi musuh otomatis ini ngebantu kerja mereka banget. Menjadi pembuka pertempuran maka hero tipe initiator harus bisa dengan cepat ngekill carry musuh saat mulai war/gank, skill mereka ngedukung loh buat ini. Jadi kalo lo ga bisa gitu ya harus sabar aja di caci maki teman maupun musuh.

Item khusus buat sang initiator ini biasanya yang mempengaruhi posisi mereka agar mendapat posisi yang wuenak. Like Blink Dagger atau Force Staff. Walaupun untuk beberapa hero ada yang ga perlu dengan item di atas.

Banyak yang salah paham dalam menggunakan hero ini. Dan malah ada yang ngeremehin tugas dari hero ini. Hero yang sangat krusial banget saat di late game. Sejago apapun carry lo kalo initiatornya bego ya bakal kalah. Tapi kalo initiatornya sangat piawai menggunakan heronya maka sudah dipastikan kemenangan sudah ditangan (tergantung temennya sih wkwkwkwk). Jadi buat lo yang mau nyoba hero ini coba pikir2 dulu deh apa lu udah cukup punya inisiatif dalam main game ini. Karena modal nekat aja ga cukup buat musuh takut dan ngetik “GG” di all chat .

4. Disabler

“Has a guaranteed disable for one or more of their spells.”

Hero ini ciri2nya tuh PASTI punya satu atau ga lebih skill untuk mendisable. Disable itu apa? Disable tuh kalo secara harfiah artinya menonaktifkan. Menonaktifkan disini maksudnya kayak silent, ngurangin armor, atau ngurangin attribute dan lain2. Kebanyaknya skillnya tipe AOE tapi ada juga yang single target bahkan ada yang global.

Bisa menjadi Semi-Initiator dalam game menjadi salah satu kelebihan hero tipe ini. Karena skillnya yang bisa membantu teman2 kita lebih mudah ngekill musuh saat war/gank. Tapi sih lebih enak kalo musuhnya lagi banyak, apalagi skill disablenya itu AOE. Mantap lah sudah tinggal di santap.

Biasanya sih hero disabler ini cuma jadi supporter doang (karena skill2nya yang ga bisa ditingkatin dengan item), dengan ditemani carry untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Dengan kombinasi ini mereka bisa saling menutupi kekurangan. Karena kebanyakan carry lemah dengan kekuatan disable dan karena hero disabler ini larinya sungguh lambat *bisa dicepetin pake item sih -____-*. Jadinya mungkin sudah takdir mereka bersama hehehehhehe.

Dalam war hero ini bisa untuk membalikan keadaan atau bisa untuk escape dari medan pertempuran. Jadi ya pastinya butuh hero yang seperti ini kalo team loe mau cari aman saat war.

5. Durable

“Has the ability to last longer in teamfights.”

Biasa dikenal oleh para pemain DOTA sebagai Tank. Bukan hanya panggilan loh kawan, panggilan ini wajar dilontarkan dikarenakan hero ini memang seperti tank yang kuat dalam pertempuran. Kemampuan untuk menerima banyak damage dari musuh kadang membuat hero ini terlihat masokis.

Pastinya dengan HP yang tebel parah, HP regen yang deres, armor yang kuat, ataupun magic resist yang tinggi. Membuat hero ini menjadi tameng pada setiap pertempuran. Item yang dibutuhkan pun biasanya item yang membuat mereka makin menjadi tank. Dengan fokus pada peningkatan STR (karena biasanya hero ini tipenya strength) yang membuat HP mereka bisa terus menebal. Semakin tebal, maka semakin sulit juga musuh untuk ngekill hero tipe ini.

Dengan job sampingan sebagai initiator maka pantas lah hero ini untuk memulai pertempuran. Karena hero ini memang dirancang untuk memfokuskan musuh agar pertahanannya bisa dikalahkan. Dan dengan kemampuan bertahan hidup yang tinggi membuat hero durable sangat adem ayem aja di game (kecuali saat di ganking wkwkwk).

Sebagai tank otomatis mereka harus menanggung semua damage saat war. Mereka juga bisa digunakan untuk memancing skill musuh agar dikeluarkan dan membuat mereka tak bisa berkutik saat di serang oleh kawan setim dari hero durable. Walaupun dalam beberapa kejadian ada yang tanknya diacuhin begitu saja dan langsung fokus kepada hero lainnya. Membuat hero durable ini menjadi santapan akhir *lu kira makan malem -__-*.

Wajar saja jika mereka kuat banget sih. Karena skill mereka pun sangat mendukung sekali. Seperti membalikan damage yang diterima, mengurangin damage yang diterima, ataupun melemahkan serangan musuhnya. Sebagai tameng dalam segala pertempuran hero ini harus siap dalam keadaan apapun karena nyawa teman2 yang lain harus berada dalam lindungan hero ini.

6. Escape

“Has the ability to quickly avoid death.”

Seperti yang gue kutip di atas. Hero ini punya keahlian kabur dari medan pertempuran atau saat digank. Cukup seru kan melihat heromu yang hampir terbunuh tetapi bisa lolos dari maut karena skill2 untuk kabur ini. Hero escape ini punya skill untuk meloloskan diri untuk sendiri ataupun tim untuk menghindari damage atau skill dengan cara merubah posisi atau hal yang lainnya yang membuat hero pengejar pun tak bisa membunuhnya.

Dengan skill seperti menambah kecepatan, menghilang, teleport, ataupun menghindar. Membuat hero tipe ini bisa terhindar dari maut yang menjemput. Cukup banyak hero carry yang memiliki skill untuk escape atau bisa di bilang carry escape. Mereka hero carry dengan tingkat survive yang lumayan tinggi. Yang membuat mereka bisa kabur dari gank/war dan bisa melanjutkan farming atau kembali untuk ngekill musuh.

Jadi buat lo yang susah kabur kalo pake hero biasanya, gunakanlah hero ini untuk bertahan hidup. Dan jika sudah mahir maka lu mungkin tidak akan terlalu banyak dikill hingga akhir game. Bahkan ga bakal di kill HAHAHAHAHAHA *bau woy!!*

7. Support

“Can focus less on massing gold and items, and more on using their abilities to gain an advantage for the team.”

Hero yang bisa melupakan untuk mencari gold atau pun membuat item dan bisa lebih fokus untuk membantu tim mendapat pendapatan lebih. Bertugas juga untuk menjaga teman setim agar tetap hidup. Dengan skill yang notabene untuk membantu teman seperti heal dan disable membuat hero ini ga harus turun lansung saat pertempuran. Karena dengan damage hero support yang mini banget seperti rok pembawa payung motoGP membuat mereka harus jaga jarak saat war (walaupun ada hero support juga yang dilengkapi dengan nuke menyakitkan).

Karena ga harus fokus pada itemnya maka item yang harus dibeli hero ini ialah semacam Courier, Ward, ataupun Smoke of Deceit. Lagi pula dengan pendapatan yang tidak seberapa item2 itu sudah cukup bagi mereka para hero support.

Diciptakan untuk menemani carry saat game dimulai. Karena carry yang sungguh lemah dan juga sangat butuh gold di early game membuat hero support harus membantu carry untuk kill hero lawan dan membiarkan hero carry mendapatkan goldnya. Dan lebih baik hero support itu tidak ngekill kecuali jika kondisi membuat hanya hero ini yang bisa ngekill ya apa boleh buat.

Buat yang mainnya cari aman dan juga males ngekill mungkin inilah jodoh kamu di DOTA. Karena dituntut seperti demikian maka pemain yang cari aman saat main DOTA kemungkinan besar pilih hero support. Walau kadang kita bisa menemukan hero support yang killer tetapi ya lebih baik bekerja dengan semestinya bukan? Kecuali memang jika carry tim masa depannya suram ya itu sih terserah pada anda.

8. Lane Support

“Helpful during early-game laning protecting your team's carry and allowing them to farm.”

Ya sebenernya sih ini kayak turunannya dari hero tipe support. Cuma mungkin lebih spesifik untuk support di lane. Lebih sering dilihat sebagai babysitternya carry saat selane di awal game. Seperti kutipan di atas, membantu melindungi lane carry tim di awal game dan membiarkan doi buat farming. Hero lane support ini seperti pelihara hewan ternak aja. Menggendutkan si carry dengan gold kemudian akan berguna kalo udah benar2 gemuk huehehe.

Mereka biasanya akan bertugas mengusir musuh agar carry bisa leluasa farming di lane tersebut dengan terus mengisi HP atau mana si carry. Ciri2 si lane support ini tuh doi punya serangan klik kanan jarak jauh *itu mungkin maksudnya serangan biasa yang agak jauh -____-* dan juga punya skill yang berguna dari level 1 hingga ke atas.

Lane support harus selalu bersama Hard Carry tim selain untuk jadi pembantunya dikarenakan hero lane support ga tergantung banget sama gold dan level jadi carry bisa leluasa ngambil bagian farm si lane support ini tanpa harus solo lane dengan kekhawatiran tinggi. Tempat nongkrong dia sama carry tuh biasanya di lane yang aman (kalo Radiant di bot kalo Dire di top) jadinya susah buat di gank (karena deket sama tower).

Buat yang mau pake hero ini harus sabar. Kadang si carry bakal marah kalo lo ga bener dan dijadikan kambing hitam kalo sampe si carry barangnya ga jadi. Tetapi kalo carrynya baik sih its oke aja gitu. Jadi cobalah untuk melindungi dan membuat carry tim lu “jadi”. So pasti lu juga bakal kebagian pujian kok karena kerja lu disini cukup berat buat mengasuh si carry.

9. Pusher

“Can quickly siege and destroy towers and barracks at all points in the game.”

Ini bukan puser ya. Ingat ada H nya. Jadinya Pusher atau penekan. Ga asik ya kalo namanya penekan hehehehehe. Mungkin lebih tepatnya pemberi tekanan. Tekanan di sini maksudnya tekanan di lane. Jadi hero tipe ini tuh pas banget buat ngepush lane. Bisa cepat untuk mengepung dan menghancurkan tower atau barak di semua lane. Hebat bukan?? *engga engga -_-*

Untuk menguasai game kerjaan doi yaitu ngehancurin tower dengan cepat dan efesien. Jika mereka berhasil menghancurkan tower, otomatis carry musuh yang berada di situ bakal dipaksa mundur dari tempat farmingnya.

Dengan skill yang mendukung kerjaan mereka seperti melindungi creep tim, memanggil anak buah, ataupun skill dengan damage yang besar terhadap tower.

Bagi kalian yang mau coba hero ini mungkin nanti letak kesenangnya tuh saat hero musuh ga bisa ngapa2in waktu kita lagi ngepush wkwkwkwk. Ajib lah pokoknya hero tipe ini. Mungkin disaat carry musuh jadi duluan, lo bisa membalikan keadaan dengan ngepush hingga jebol barak. Dan pastinya tim bakal bangga dengan kerja keras lo.

10. Jungler

“Can farm effectively from neutral creeps inside the jungle early in the game.”

Sesuai namanya mereka biasa melakukan kegiatan yang disebut “ngutan”. Ya mereka adalah salah satu penghuni hutan. Dengan kemampuan farming di hutan secara efektif dari neutral creep saat di awal game sekalipun. Yak dengan kemampuan itu mereka lebih prefer farming di hutan daripada di lane (karena lebih aman saat di awal game dihutan). Ada yang bilang juga hero ini tuh offlaner ya walaupun sebenernya mereka tuh kadang2 bersemayang di lane namun tidak menunjukan dirinya.

Hero jungler yang fokus di hutan aja membuat dua lane menjadi solo lane, jadinya ada dua temen yang bisa farming dengan pendapatan penuh (tergantung musuh dilanenya juga sih-____-). Junglers biasanya tuh punya skill seperti mengendalikan neutral creep, memanggil anak buah, ataupun mempertahankan diri dari damage. Kemampuan jungler sebenarnya ditemukan disemua tipe hero, namun untuk jungler yang efektif ya mungkin ga semuanya.

Meskipun memiliki dua jalur solo dan seorang jungler untuk menambah pendapatan, ini tentu sangat beresiko banget lo di gank musuh. Untuk mengantisipasi hal ini maka, pastikan hero di solo lane kedua adalah Semi-Carry dan berada di lane yang panjang (bot buat radiant dan top buat dire). Dengan cara ini, lebih deket kan ke tower jadinya si jungler bisa cepat ngebantu/dibantu jika terjadi sesuatu. Makanya itu lane ini juga disebut “safe lane” dan jalur sebaliknya di sebut “suicide lane”.




Yak sudah semua yang gua sebutin
Jadi mungkin ini bisa menjadi referensi untuk memilih role apa yang lo suka dalam DOTA
Oke mungkin hanya segitu yang bisa gua bagi dengan kalian
Semoga bermanfaat dan membuat kalian GG!!!
Saran dan koreksi diterima kapan pun untuk memperbaiki ketikan goblog ini~
Arigatou dan salam olahraga




Referensi :

7 komentar

  1. Oke, taunya cuma Razor doang. Mantan pemain dota amatiran.

    BalasHapus
  2. Gan, menurut ente si Drow sama Ursa lebih bagus mana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ane sih prefer ke ursa. Cuma sebenernya dua2nya sama2 carry yang ajib latenya. Tergantung cara main juga sih, kalo ente lebih suka yang mainnya save mendingan pake drow cuma kalo ente suka menjadi carry initiator mending pake ursa :D

      Hapus
  3. Bang yang punya blog, kalo nulis itu jangan terlalu banyak tetekbengeknya bang, susah di fahami, mohon maaf

    BalasHapus
  4. Maksudnya terlalu banyak tetek bengeknya gimana? Itu bikinnya malah lebih singkat daripada postingan2 orang lain. Tapi kalo memang susah dipahami mohon dimaklumi, gua juga baru setahun ini terjun di dunia pembahasan game gan wkwk

    BalasHapus

 

Lu Tuh Orang Ke

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.