This Is Not My Secret : 11 Trik Rahasia Di Microsoft Word

Hello, Hai, Holla!!
Kembali bersama ana, Satrio bin Titan. Semoga munculnya ana membuat antum-antum terobati rasa kangennya. Oke sip udah cukup sok arabnya. Hari ini gua mau berbagi tips lagi buat kalian yang sedang dirundung beratnya kehidupan *azeek*.


Tips yang akan dibagikan kali ini adalah…..
Adalaaaaaah…
Cie penasaran *gaje lu tong -___-*
Jadi hari ini gua akan berbagi kasih “11 Trik Microsoft Word yang Sangat Berguna Untuk Ngerjain Skripsi”. Oke gua tau itu kepanjangan, makanya di judul postingan pun gua bikin misterius gitu. Biar ga berlama-lama marilah elo mulai aja baca ke bawah. Cuuuuss~

1. Find & Replace tapi bareng dengan format tulisan? Yes please!

Sejak jutaan tahun yang lalu *kelamaan woy :v* elo semua udah bisa menemukan semua kenangan yang telah hilang kata yang salah dan mengkoreksinya secara otomotif otomatis dengan bantuan Find & Replace. Sayangnya, format tulisan ga bisa sekalian diubah. Eits tapi jangan bersedih, coba deh pencet “Ctrl+H”.

Huwala~ Munculah tab baru

Tampilan Find & Replace akan muncul secara ajaib. Trus selanjutnya klik tulisan More di ujung bawah kiri. Dan taraaaa… sekarang elo bisa merubah format kata/kalimat yang diinginkan saat menggunakan Find & Replace.

2. Jalan pintas nge-scroll? Bisa bos

Scrolling adalah salah satu pekerjaan yang menggairahkan membosankan dan melelahkan. Oleh karena itu Microsoft mengerti kimochi elo semua. Gunakanlah “Shift+F5”, maka elo bisa meloncat diantara bagian paling aktif di file kepunyaan lo.

3. Capek-capek bubuhin hyperlink? Jadoel amat sih mz

Abaikan mantan pacarmu nambahin hyperlink referensi dengan “Insert > Hyperlink”. Itu sih udah ketinggalan jaman. Cobalah yang lebih cepat dan memukau : “Ctrl+K”. Tunjukin didepan pacar/gebetan, pasti mereka langsung klepek-klepek *lebay banget dah :v*.

Muncul juga seperti SIHIR~ btw jangan tanya itu revisi apa -___-

4. Huruf capital ga selamanya dengan caps lock!

Bisa dibilang inilah kembaran dari Caps Lock tapi dia bisa melakukan yang sebaliknya juga secara cepat. Caranya gampang ngets. Tinggal blok semua temen smp elo kata/kalimat yang mau diubah menjadi huruf kapital atau huruf biasa lalu pencet “Ctrl+Shift+A”. Walau lebih mudah jika langsung klik Caps Lock aja kalo mau ngubah ke huruf kapital, tapi lebih gampang untuk hal sebaliknya jika ngegunain trik ini.

5. Kertas Portrait dan Landscape sekaligus? Gampang!

Siapa bilang hal kayak gitu mustahil? Ada caranya kok. Pertama tentukan dulu jodohmu halaman atau paragraph yang ingin diatur menjadi Portrait atau Landscape. Kemudian klik “Page Layout > Page Setup > Margins > Custom Margins”. Pilih Portrait atau Landscape. Pada pilihan Apply to (kiri bawah), klik Selected Text.

Harus diblok dulu yak biar nanti Apply to nya ada Selected Text


Cara ini juga bisa elo lakukan dengan klik “Page Layout > Section Breaks” di toolbar. Selain untuk orientasi halaman, kedua cari ini juga bisa elo gunakan untuk pengaturan nomer halaman dokumen skripsi atau buku.

6. Konsep khusus pengetikan? Otomatis loh

Kalo biasanya elo semua menggunakan cara manual kali ini ada cara otomatisnya. Ucapkan Good Bye untuk temen yang nikung dari belakang membuat format yang sama berulang-ulang tiap bab. Karena elo semua bisa buat template lo sendiri! Ya ini serius. Caranya klik Home, klik panah ke bawah (posisinya di kanan bawah) pada kolom Styles.


Noh yang pojok noh! Pojok kanan bawah

Setelah itu klik New Style yang berada di pojok bawah kiri. Semuanya bisa diatur di situ sebebas-bebasnya seperti burung di angkasa *ya kali -_-*. Silahkan berkarya kawan~

Tinggal berkreasi deh

7. Perintah Paste ternyata bisa di atur loh!

Ga perlu lagi kerepotan saat copy URL ke dalam tugas elo dan bisa mengatur formatnya sesuai selero bundo selera. Coba klik “File > Options/Word Options > Advanced”. Di situ tersedia semua pengaturan yang bisa diatur semau lo. Pokoknya bisa ngatur dengan kehendak elo deh.

Inilah tampilan Word Options. Kece ga?

8. Cobain Full Justification Formatting

Cara ini pantas dilakukan bagi elo yang pengen skripsinya rata kiri dan kanan bener-bener sempurna, tampak professional, dan formal *kece juga bahasa lo :v*. Tinggal klik “File > Options/Word Options > Advanced”. Sama seperti tadi kan? Tapi untuk ini elo harus scroll ke bawah untuk nyari bagian Layout Options. Sisanya atur sendiri deh.

9. Pengen Copy Paste banyak teks? SPIKE!

Milih beberapa paragraf acak dari sejumlah dokumen/sumber, lalu paste di satu file sekaligus. Itulah yang namanya SPIKE. Blok kata/kalimat/paragraf yang ingin di copy/cut dan tekan “Ctrl+F3”. Blok bagian lain yang mau diambil dan lakukan cara yang sama hingga akhir menutup mata semua yang ingin di paste sudah didapatkan. Jika ingin Undo SPIKE terakhir tinggak pencet “Ctrl+Z”. Jika sudah selesai, paste dengan “Ctrl+Shift+F3”. Selamat elo semua berhasil! Semua yang SPIKE akan tampil di file baru.

10. Dokumen hilang? Hilang?

Klik “File > Open”. Pilih file yang rusak dan ambil command Recover Text from Any File dari daftar tipe file (kanan bawah). Tung tara tung tara… Uttaran~ *ngaco amat lo* Dokumen pun kembali dalam pelukan.

11. Ingin skripsi selesai otomatis? Ini dia caranya

Gampang kok. Buka file skripsi setengah jadi yang telah elo buat. Lebih baik skripsi yang hampir beres jadinya elo ga perlu lagi sibuk beresin sisanya. Lalu tekan “Alt+F4”. Selesai! Elo telah selesai menyelesaikannya. Mudah banget kan??? #DigebukinMahasiswa



Okay mungkin segitu aja yang dapat gue share jadi maafkan jika ada kesalahan atau ke-goblog-an yang telah gue sebar. Karena GoBlog adalah sebuah pilihan, bukan paksaan apalagi pemerkosaan. Salam GoBlog!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Lu Tuh Orang Ke

Most Reading

Diberdayakan oleh Blogger.